Ternyata Korea Utara Memiliki Grup Musik Populer

Sudah bukan sesuatu hal yang umum lagi, bahwa negara Korea Utara adalah suatu negara yang sangat tertutup dari dunia luar. Bahkan beberapa informasi yang terdapat tentang korea utara dan juga kehidupannya masih sangat sedikit. Bukan menjadi rahasia umum juga bahwa Korea Utara sebagai negara yang dipenuhi dengan kediktatoran dan sangat menutup semua akses dari dunia luar. Meskipun demikian ternyata di negara tersebut mempunyai beberapa artis yang juga secara terbuka muncul dan hadir di depan publik. Beberapa penyanyi dan juga musisi yang terbilang cukup populer di negara yang kini dipimpin oleh Kim Jong Un ini, meskipun belum sebanding jika disamakan dengan artis-artis asal Korea Selatan yang dikelilingi oleh para penggemar yang berasal dari seluruh dunia.

Grup Musik Populer Korea Utara

Dalam artikel ini akan kita bahas beberapa artis dan juga grup musik yang namanya cukup terkenal di Korea Utara, di mana bahkan diantaranya diorbitkan langsung oleh Kim Jong Un sendiri sebagai seseorang yang sangat berkuasa di Korea Utara. Beberapa grup musik dan artis tersebut diantaranya.

1. Moranbong Band

Moranbong sendiri adalah sebuah girlband pertama yang ada di Korea Utara. Mungkin bagi anda yang membaca tak menyangka jika grup ini di sisi oleh beberapa wanita-wanita cantik. Grup ini anggotanya tentu saja dipilih oleh kepala negara itu sendiri yaitu Kim Jong Un. Beberapa lagu yang grup ini bawakan adalah lagu-lagu yang bahkan ciptaan Kim Jong Un yang isinya adalah lagu-lagu tentang pujian terhadap pemimpin diktator tersebut. Beberapa lagu yang ditulis sendiri oleh Kim Jong Un antaranta seperti lagu yang berjudul O My Motherland Full of Hope,Day and Night Our Father dan We Think of the Marshall. Yang harus anda ketahui jug untuk lagu-lagu yang akan dipertontonkan di korea utara di depan umum haruslah lagu-lagu yang memuji pemimpin mereka ataupun lagu tentang kenegaraan.
Girlband ini sendiri debut pada tahun 201, terlihat sangat kontras sekali dengan girlband asal Korea Selatan. Pasalnya adalah grup ini memainkan sendiri alat musik mereka seperti halnya biola elektrik, celo, drum, saxophone serta synthesizer.Meski penampilan mereka dianggap sebuah hiburan, namun kelompok ini juga dianggap penuh dengan kontroversi dimana dalam sebuah nyanyian ya grup ini banyak bersandar kepada retorika nasionalisme dan revolusioner.

Pertunjukan mereka juga yang dianggap pencitraan seperti berisi hal tentang roket atau memuji program senjata yang dimiliki oleh Korea Utara juga berkemungkinan melukai banyak hati orang yang hadir, terutama pada saat setelah satu tahun retorika yang mengancam antara Kim Jong Un dengan Donald Trump. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan karena akan membuat ketegangan antara pihak terkait. Selain itu juga bahkan rezmi menggunakan mereka sebagai sebuah alat diplomasi delegasi Kuba pada September 2015. Tidak hanya di situ, grup ini juga biasanya tampil menyanyikan lagu dengan menggunakan sebuah kos ntusm bergaya militer yang biasanya sudah di modifikasi, pertunjukan panggung yang mewah dan juga lagu-lagu kebangsaan dan pujian untuk Kim Jong Un. Namun seperti yang kita tahu tentang kekuasaan Kim Jong Un, sebagian besar repertoar mereka sama hal nya juga sepertinya terfokus kepada subjek pemimpin korea utara itu sendiri. Namun juga ada hal unik jugha tentang grup ini dimana anggota grup tersebut tidak diketahui secara pasti. Beberapa sumber mengatakan grup musik ini beranggotakan 10 orang dan yang lainya menyebutkan bahwa grup ini beranggotakan 20 orang. Hal ini juga terjadi akibat adanya pergantian beberapa anggota yang tinggi. Satu hal yang pasti tentang grup ini adalah semua anggota memegang posisi militer yang cukup penting. Seperti halnya Hyon Song Wol yang dijadikan pemimpin Moranbong. dikabarkan juga ia merupakan salah satu kolonel di tentara rakyat Korea Utara.

2. Chongbong Band

Chongbong Band merupakan salah satu grup paduan suara asal negara Korea Utara yang isinya beranggotakan ke tujuh orang. Mengutip dari sebuah lamaan media di Korea Utara dan juga Radio Free Asia, Chongbong Band ini menggantikan Moranbong Band yang dimana para mantan anggotanya menghilang dari publik begitu saja. Beberapa diantaranya dilaporkan meninggalkan band dan menikah dan juga ada kabar lain yang menyebutkan, yang lainnya di deportasi keluar negeri. Namun beberapa waktu ini rumor tentang hal tersebut terpatahkan karena grup ini kembali muncul di kancah musik pada beberapa waktu lalu. Grup paduan suara ini lahir dan dibentuk pada Juli 2015 dan saat dibentuk grup paduan suara ini langsung merangsek naik ke blantika musik dengan cara tampil bersama State Merited Chorus, pada dua buah konser yang dilangsungkan di Moskow Rusia yakni di Tchaikovsky Concert Hall, dan pada saat 31 Agustus dan di Moskvich dilangsungkan di Cultural Center pada tanggal 1 September di tahun yang sama. Seperti halnya dengan Moranbong grup ini juga membawakan lagu-lagu tentang kenegaraan dan juga pujian terhadap para pemimpin mereka.

3. Hyon Song Wol

Hyon Song Wol dikenal sebagai salah seorang politikus kelahiran Hangul yang juga dikenal sebagai salah satu penyanyi solo Korea Utara. Namanya sejak saat itu kian mencuat di Korea Utara sewaktu bergabung dalam Moranbong Band dan saat itu juga langsung ditunjuk sebagai pemimpin dalam grup musik tersebut. Selain itu faktanya adalah ia juga merupakan salah satu anggota dari grup elektronik yang bernama Pochonbo. Sebuah musik pop yang pada saat itu terkenal di Korea Utara tahun 2000 an. Pada saat di tengah puncak kejayaan dan karirnya, merebak isu jika Hyon sendiri sempat disebut memiliki hubungan dengan Kim Jong Un. Sayangnya kisahnya cukup tragis ia harus dieksekusi mati karena sebuah kasus video porno yang menimpanya tersebar ke publik.

4. Wangjaesan Light Music Band

Jika Moranbong sendiri merupakan sebuah grup yang dibentuk sendiri oleh Kim Jong Un, maka untuk Kim II sung, juga dahulu sempat tercatat pernah membentuk sebuah kelompok musik yang kemudian diberi nama Wangjaesan Light Music Band. Grup yang anggotanya terdiri dari 4 orang wanita cantik ini dibentuk pada saat Kim II Sung saat masih berkuasa di Korea Utara pada tahun 1980-an. Ia pada saat inyu menaim band ini dengan nama sebuah gunung yang berada di Onsong-gun di provinsi Hamgyong Utara sebuah tempat yang berbatasan dengan China. Grup Wangjaesan Light Music Band lalu dibubarkan pada tanggal 29 Agustus 2013 atau tepatnya beberapa tahun setelah sepeninggalan Kim II Sung.

Itu adalah beberapa Grup musik dan juga artis yang namanya cukup terkenal di Korea Utara, ternyata tidak seperti yang kita bayangkan di Korea Utara juga masih mempunyai grup musik yang bisa menghibur rakyatnya, walaupun lagu-lagu dan semua yang di bawakan menunjukan kecintaan mereka terhadap pemimpin dan negaranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dalam menambah wawasan anda terhadap Korea Utara. Terimakasih.

Tags: , ,